Elektabitas Ganjar Rebound Naik Lebih Tinggi dari Prabowo dan Anies

Jakarta Bina TV, – Hasil jajak pendapat terbaru Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo kembali naik (rebound). Elektabilitas Ganjar mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama.

Elektabilitas Ganjar sebesar 35,2% jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian Prabowo 33,2% dan Anies 23,9%. “Simulasi tiga nama ini lagi-lagi kita tanya, kebetulan di antara banyak nama hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial,” kata Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya, Jumat (18/8/2023).

Dia juga menyebut elektabilitas bacapres dari tahun ke tahun sangat dinamis. Namun secara umum kenaikan elektabilitas Ganjar rata-rata lebih tinggi dibanding bacapres lainnya.

“Elektabilitas capres naik turun, kita punya datanya pilihan publik kepada capres itu naik dan turun. Prabowo sempat unggul di sepanjang 2021-2022, lalu disalip Ganjar pada April 2022. Kemudian, pada 2023 Prabowo sempat menyalip Ganjar dan sekarang lagi-lagi disalip (Ganjar di atas). Tetapi, rata-rata tiap tahun Ganjar konsisten meningkat,” ujarnya.

Burhanuddin menambahkan saat ini pemilih Ganjar didominasi dari etnis Jawa. Sebagaimana diketahui Jawa sendiri menjadi kunci kemenangan.

“Etnik Jawa cenderung ke Ganjar, saking besarnya pemilih Jawa maka adalah kunci. Padahal Prabowo juga orang Jawa asli Banyumas, tetapi sebagian mungkin tidak melihat atau kurang tahu Prabowo punya latar belakang itu,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *