Nilai Investasi Rp2 Triliun ,Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Sadawarna

JAKARTA, BINA TV, – Presiden Joko Widodo Meresmikan Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

Bendungan Sadawarna merupakan bendungan ke-33 sejak proyek pembangunan bendungan di sejumlah daerah di Tanah Air dimulai 8 tahun yang lalu. Inilah Bendungan Sadawarna, bendungan yang dibangun tahun 2018 dengan nilai investasi Rp2 triliun.

Bendungan Sadawarna memiliki luas genangan 695 hektare dan mampu mengairi sawah seluas 4.280 hektare di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu. Sebab, meski berada di wilayah Sumedang, bendungan tersebut dibangun untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Indramayu, kabupaten tetangga Sumedang.

“Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumedang dan seluruh masyarakat di Sumedang yang telah merelakan airnya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di Indramayu,” kata Jokowi.

“Jadi kalau waduknya sudah ada, nanti Indramayu tidak naik produksi padinya, awas. Karena kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus nomor satu terbesar di Indonesia. Dan kita harapkan tidak turun tetapi naik seperti tadi pak gubernur (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) sampaikan dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton untuk Kabupaten Indramayu,” lanjutnya.

Jokowi berharap, dengan banyaknya bendungan yang dibangun di Tanah Air, produktivitas pertanian utamanya padi dan komoditas holtikultura lain, makin naik. Dengan demikian, ketahanan dan kemandirian pangan nasional juga makin membaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *