Prihal informasi dialirkan sampah kali penombo ke Kelaut. KLKH RI Turunkan Team, Direktorat Pengendalian Pencemaran Air, Dirjen PPKL KLHK RI Sidak Ke lokasi

Kab Bekasi Bina TV – Hebohnya kejadian tumpukan sampah sepanjang kurang lebih satu kilometer di Kali Penombo Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi yang dibuang ke laut tersebut tersampaikan juga ke Kementerian LHK RI.

Bagaimana tidak, tanggal 11/6 kejadian, tiga hari kemudian KLHK langsung menerjunkan timnya ke lokasi untuk melakukan investigasi. “Ini adalah kunjungan awal investigasi. Kondisinya seperti apa, permasalahannya seberapa, nanti kita akan segera laporkan ke pimpinan untuk dicarikan solusinya yang terbaik,” ungkap Witono Ditjen PPKL Direktorat Pengendalian Pencemaran Air KLHK RI saat dilokasi, Selasa (14/6/2022) siang..

“Jadi intinya kita mencari solusi terkait permasalahan sampah utamanya di desa Pantai Harapan Jaya. Mudah-mudahan nanti setelah investigasi ini, ada solusi, ada pemecahan permasalahan ini,” jelasnya.

Sebab, lanjut Witono, pihaknya harus juga mengakomodir berbagai kelompok kepentingan.

“Disini sungai ini kan diperuntukkan untuk pertanian dan nelayan dihilirnya ya. Mudah-mudahan apa solusi permanennya bisa kita wujudkan,” tutur Witono.

Sementara Kepala Desa Pantai Harapan Jaya Mahir hanya berharap utamanya kepada Pemda Kabupaten untuk segera diberikan solusi terkait permasalahan khususnya Kali Penombo.

“Kan kita butuh. Butuh solusi. Enggak usah pake anu. Apakah itu dianggapnya perbulan sekali dari kabupaten lihat sampah banyak dikirim mobil yak,” ucap Mahir dengan dialek Betawinya yang masih kental.

“Alat berat cangkolin dah. yang kecil-kecil kita tanganin dah melalui kita pemerintah desa yak. Kan itu kan yak,” tambahnya.

“Kita terimakasih atas kehadirannya dari kementerian LH di desa kami semoga bisa menjadikan desa Pantai Harapan Jaya lebih baik lagi,” pungkas Mahir.Senada juga dikatakan Hisar Pardomuan Ketua Ruang Jurnalis Nusantara (RJN) Bekasi Raya yang juga pemerhati lingkungan hidup.

“Saya ucapkan terimakasih pada KLHK RI atas respon cepatnya terkait informasi aduan yang telah disampaikan,” sebut Hisar

“Saya berharap dengan kehadiran tim dari KLHK RI pada hari ini untuk investigasi bisa memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Kecamatan Muara Gembong khususnya Desa Pantai Harapan Jaya,” kata Hisar, Selasa (14/6/2022) siang.

“Kepada Bapak Dani Ramdan Selaku Pj. Bupati Bekasi agar dimaklumkan bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi butuh ‘Kerja Besarnya bukan Spanduk Besarnya’ seperti yang terpampang di Kali Sadang,” imbuhnya.

“Tapi, walau bagaimanapun saya sebagai masyarakat Kabupaten Bekasi tetap mendukung slogan baru yang dituliskan ‘Kabupaten Bekasi Semakin Berani,” pungkas Hisar. (H Rosyid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *