Jokowi: Saya Minta Biaya Tes PCR Rp 450 Ribu-550 Ribu Dan Hasil Test Di Percepat 1 x 24 Jam

Presiden Jokowi telah meminta Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk menurunkan harga tes PCR menjadi Rp 450 ribu- Rp 550 ribu. Selain itu, Jokowi meminta agar hasil tes PCR saat ini bisa diketahui dalam waktu 1×24 jam.

Pemerintah terus mendorong peningkatan jumlah testing corona sebagai upaya pencegahan penyebaran. Tes PCR dinilai sebagai salah satu tes COVID-19 yang akurat.

Namun, harga tes PCR masih tinggi, ada yang sampai mencapai Rp 1 juta. Menanggapi tingginya harga tes PCR, Presiden Jokowi meminta Menkes Budi Gunadi Sadikin untuk menurunkan harga tes PCR.

“Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah dengan menurunkan harga tes PCR,” kata Jokowi melalui akun YouTube Setpres, Minggu (15/8).

“Saya sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan soal ini saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran antara 450.000 sampai 550.000,” lanjut Jokowi.

“Saya minta agar tes PCR bisa diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1×24 jam. Kita butuh kecepatan,” kata Jokowi dalam keterangan video di YouTube Setpres, Minggu (15/8).

Jokowi menjelaskan, tujuan utama biaya tes PCR diturunkan adalah demi memperbanyak jumlah tes. Ia mengaku sudah bicara langsug dengan Menkes Budi Gunadi soal harga tes PCR ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *