Timnas U-20 Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga pamungkas grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: layaknya final karena bisa saja berakhir dengan adu penalti.

Jakarta BinaTv – Timnas U-20 Indonesia kembali memetik kemenangan saat bersua Hong Kong pada matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/9/2022).

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pasukan Garuda Nusantara menang meyakinkan 5-1.

Gol-gol kemenangan timnas U-20 Indonesia dicetak oleh Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico, Zanadin Fariz, dan brace Marselino Ferdinan

Dengan hasil ini, Indonesia memiliki statistik yang sama dengan Vietnam di klasemen sementara grup FVietnam sendiri pada laga kedua menang 4-0 atas Timor Leste.

Artinya baik Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki 6 poin, memasukkan gol 9 dan kebobolan 1 gol.

Di klasemen sementara, Indonesia berada di puncak

Siapa pun yang mampu memenangkan laga terakhir antara Indonesia dan Vietnam tentu akan menjadi juara grup. Pertandingan ini akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 18 September 2022 pukul 20.00 WIB

Persoalannya, jika pertandingan berakhir imbang selama 90 menit, maka tidak akan ada head-to-head yang bisa menentukan siapa yang lebih unggul di klasemen. Perhitungan AFC mengutamakan catatan head-to-head secara langsung untuk menentukan susunan klasemen.

Setelahnya, ada selisih gol secara keseluruhan yang diperhitungkan. Ini biasanya bisa mengakhiri masalah tiebreaker sebagaimana yang sering dipakai di liga-liga terbaik dunia. Namun, tidak demikian dalam kasus ini, karena Vietnam dan Indonesia sama-sama memiliki selisih gol +8 pada saat ini. Kemudian, catatan jumlah gol di antara kedua tim yang imbang juga tidak akan menyelesaikan masalah. Sebab, mereka sejauh ini sama-sama mencatatkan sembilan gol dari kedua pertandingan kontra Timor Leste dan Hong Kong.

Dengan situasi ini, maka ada kemungkinan laga ditentukan lewat adu penalti. AFC mensyaratkan hal ini jika kedua tim bersua di partai terakhir babak grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Hal ini memungkinkan karena memang ini adalah pertandingan terakhir di babak grup. Jadi, akan menarik jika pertandingan di Minggu 18 September 2022 malam WIB nanti berakhir imbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *