Kembali Digelar. Toba Joujou Festival 2022 Dorong Pemulihan Ekonomi dan Promosi Perdagangan Nasional

Samosir Bina TV, – Bank Indonesia (BI) terus mendorong peningkatan UMKM dan Pariwisata Samosir dengan menggelar berbagai kegiatan dan juga pelatihan. Salah satunya lewat Toba Jou Jou Festival 2022 yang digelar Senin (17/10/2022) di Kampung Ulos Huta Raja, Dusun Pardamean, Desa Lumba Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Peningkatan UMKM dan Pariwisata ini merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Toba Jou Jou Festival 2022 yang merupakan kolaborasi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) bersama KPw BI Sibolga yang dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno secara online, dan dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI Komisi 11 Gus Irawan Pasaribu, Bupati Samsoir Vandiko Timotius Gultom dan para undangan serta para pelaku UMKM dan Pariwisata Samosir.

Kepala KPw BI Sumut, Dody Zulferdi dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Flagship Event Toba Jou-Jou Festival 2022 tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang apik dari berbagai kementerian dan lembaga terkait, serta pemerintah daerah (Pemda).

Kegiatan tersebut dicanangkan untuk mendukung serta mendorong pelaku UMKM dan Pariwisata dalam mengoptimalkan momentum Pemulihan Ekonomi Nasional.

Selain itu, Toba Jou-Jou Festival juga merupakan program sinergi untuk meningkatkan animo dan dukungan semua pihak terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) serta Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), yang diperkuat dengan implementasi QRIS/sistem pembayaran nontunai dalam mendukung pelaku UMKM dan Pariwisata agar terciptanya ekosistem pembayaran yang inklusif.

“Demi memperkuat dukungan terhadap berbagai Gerakan Nasional, BI turut bekerja sama dengan kementerian terkait dalam pengembangan Desa Pariwisata serta UMKM demi mendorong aktivitas ekonomi di Samosir sebagai pendukung Danau Toba,” imbuh Dody.

Pengembangan yang dilakukan BI ucap Dody, antara lain; Program Binaan Kepada Kelompok Tenun Hutaraja, seperti peningkatan kapasitas dan korporatisasi. Bantuan yang diberkan berupa peralatan dan perlengkapan dukungan terhadap unit usaha Gallery Ulos dan Coffee Shop.

Di samping Desa Pariwisata, BI juga turut melakukan pengembangan pada pariwisata berbasis alam, yakni Bukit Holbung dengan bantuan berupa Tourism Information Center serta digitalisasi pembayaran dengan menggunakan QRIS.

“Berbagai program sinergi yang telah dilakukan bersama tersebut merupakan sebuah milestones atau batu lompatan menuju perekonomian yang lebih baik,” katanya.

Harapan ke depannya akan semakin luas program kerja sama BI untuk pemulihan ekonomi dan spot pariwisata unggulan Indonesia di mata dunia.

“Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas keterlibatan aktif serta dukungannya dalam berbagai program pengembangan UMKM serta Pariwisata di Sumut dan secara khusus di Samosir,” tukas Dody.

Anggota Komisi 11 DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada BI Sumut dan Sibolga yang telah melaksanakan kegiatan Toba Jou Jou Festival 2022. Diharapkan, apa yang menjadi tujuan kegiatan bisa tercapai dengan baik.

“Saya berharap kepada Bapak Yuliansyah selaku pimpinan BI Sibolga, agar terus memonitor dampak kegiatan ini. Jangan kemudian tanpa bekas,” harapnya.

Selain itu, mantan Direktur Utama (Dirut) Bank Sumut ini juga sangat mengharapkan kepada semua pihak agar benar-benar memajukan Danau Toba. Terutama BI diharapkan dapat mengambil peran untuk mewujudkan tujuan itu.

“Kepada masyarakat Hutaraja secara khusus, dan masyarakat Samosir secara umum, saya juga harapkan untuk turut serta mengambil bagian mendukung program-program pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom. Vandiko menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BI Sumut dan Sibolga yang telah menggelar kegiatan di Samosir. Dia berharap kepada masyarakat Samosir untuk proaktif berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan dan melestarikan wisata dan kepariwisataan Samosir. Begitu juga kepada para pelaku UKM di Samosir.

“Mari semua bergandeng tangan untuk meningkatkan kebudayaan dan kepariwisataan serta perekonomian di Samosir ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansyah Andreas dalam laporannya menyebutkan, dalam mendukung pelaku usaha UMKM serta pariwisata dalam memaksimalkan momentum PEN, pihaknya telah menyusun tiga strategi dalam pelaksanaannya, antara lain; Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Pengembangan Pelaku UMKM Pendukung Pariwisata, dan Perluasan Digitalisasi Sistem Pembayaran.

“Ketiga strategi dituangkan dalam tiga kegiatan utama yakni Toba Jou Jou Show, Fair dan Forum,” kata Yuliansyah.

Disampaikan Yuliansyah, Toba Jou Jou Show fokus pada kegiatan ceremony & competition dengan rangkaian opening ceremony berupa Penyerahan dan Peresmian Program Sosial Bank Indonesia dalam rangka Dedikasi Untuk Negeri. Launching The New Hutaraja, Fashion Show Wastra Lokal, serta Pelaksanaan Gerakan Tanam Bersama dan Pengendalian Inflasi Pangan.

Sedangkan Promotion & Business Matching yang diangkat dalam kegiatan Toba Jou Jou Fair adalah program UMKM Expo, Business Matching Ekspor & Pembiayaan UMKM, Festival Kopi Samosir, Cinta Bangga Paham (CBP) & AR Rupiah, serta QRIS/digital payment.

“Sebagai pelengkap strategi, kami juga menghadirkan Toba Jou Jou Forum yang fokus dalam Talk Show & Dissemination dengan topik Pengembangan Desa Wisata Kelas Dunia Berbasis Community Development, Strategi Hilirisasi Produk Tenun Ulos, Tata Cara Ekspor dengan Mudah serta Diseminasi Hasil Penelitian mengenai Pengembangan Desa Wisata yang merupakan kerja sama antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga dengan Politeknik Pariwisata Medan,” pungkas Yuliansyah.

Sementara itu, dalam rangka mendukung gerakan pengendalian inflasi melalui Gerakan Tanam Bersama Komiditas Cabai Merah di Samosir, BI melalui Kepala KPw BI Sumut, Dody Zulferdi, pada kesempatan itu menyerahkan Mockup secara simbolis kepada Bupati Samosir, Verdiko T Gultom.

Selain itu juga, bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana dan prasarana galery ulos dan Coffe Shop di Hutaraja kepada Badan Usaha Desa Wisata Lumban Suhisuhi Toruan, dan bantuan Tourism Information Center (TIC) Bukit Holbung kepada Badan Usaha Milik Desa Hariara Pohan, serta bantuan Pembangunan Rumah Produksi Andaliman kepada Pusat Kegiatan Berbasis Masyarakat (PKBM) Unity turut diserahkan.

Di kesempatan itu dilakukan penandatanganan Bussniss Matching Export antara Poktan Dosroha dengan PT Mio dan penandatanganan kerja sama pembiayaan antara Dame Ulos dan BNI.

Acara Toba Jou Jou Festival 2022 yang dilangsungkan selama dua hari ini (17-18 Oktober 2022) dimeriahkan artis Batak Marsada Band dan Vicky Sianipar feat Alsant Nababan dan Ogar Nababan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *