Bali  

Gempa M 3,5 Terjadi Di Karangasem Bali Minggu Pagi 8 Januari 2023

Bali,Bina TV, – Gempa bumi menggetarkan wilayah Kubu,Karangasem,Bali pada Minggu (8/1/2023) pukul 08.40 WITA. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki magnitudo magnitudo 3,5.

“Episenter terletak pada koordinat 8,27° LS; 115,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km barat laut Karangasem, Bali pada kedalaman 11 km,” kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, Minggu (8/1/2023).

Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Karangasem Bali ini merupakan jenis gempabumi kerak dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kubu dalam skala intensitas II MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ucap Daryono.

Hingga saat ini, ia menambahkan, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Karangasem,Bali tersebut.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono.

Hingga Minggu, 8 Januari 2023 pukul 08.47 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Sebagai informasi,berikut setiap kategori skala megnitudo gempa :

* 2,5 atau kurang = biasanya tidak terasa, tetapi dapat direkam dengan seismograf
* 2,5-5,4 = sering dirasakan, tetapi hanya menyebabkan kerusakan kecil
* 5,5-6,0 = dapat menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan dan struktur lainnya
* 6,1-6,9 = dapat menyebabkan banyak kerusakan di daerah berpenduduk padat
* 7,0-7,9 = gempa bumi besar dengan kerusakan serius
* 8,0 atau lebih besar = gempa hebat. Dapat menghancurkan komunitas di dekat pusat gempa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *